Iklan

Anda Berjerawat ? Berikut 10 Fakta Hilangkan Jerawat Bandel

GoSehat
, Sabtu, November 16, 2019 WIB

Gosehat, - Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah suatu penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, "Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya."

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres

Berikut tips menghilangkan Jerawat : 


1. Bawang Putih

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan bawang putih. Zat sulfur yang ada di dalamnya akan membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan, antivirus, antijamur, dan antiseptik yang dapat menghilangkan peradangan kulit.

Menggunakan langsung pada area kulit yang berjerawat, Anda juga bisa menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan atau minuman. Selain itu,  bawang putih juga sudah tersedia dalam bentuk bubuk atau kapsul.

4. Madu

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan madu. Madu yang bisa digunakan adalah madu murni. Madu mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Bahkan, madu juga sering digunakan untuk mengatasi jerawat batu.

Cara penggunaannya, Anda bisa langsung mengoleskan madu dengan jari ke area kulit yang berjerawat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan madu ke masker yang sedang digunakan.


3. Lidah Buaya

Cara mengatasi jerawat dengan bahan alami yang sudah cukup populer berikutnya adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung antibakteri alami dan antiinflamasi, yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat.

Lidah buaya mengandung banyak air dan merupakan pelembap yang sangat baik, sehingga sangat cocok untuk orang yang memiliki kulit kering. Cara menggunakan gel lidah buaya adalah dengan membersihkan kulit yang berjerawat terlebih dahulu, kemudian oleskan gel lidah buaya tipis-tipis. Jika Anda tidak bisa mendapatkan gel lidah buaya alami, Anda bisa menggunakan produk-produk yang mengandung lidah buaya.


4. Green Tea

Green tea mengandung sekelompok antioksidan polifenol konsentrasi tinggi yang disebut catechins. Banyak orang berjerawat memiliki terlalu banyak sebum, minyak tubuh alami di pori-pori dan kurangnya zat antioksidan di dalam tubuh.

Padahal, antioksidan membantu tubuh memecah bahan kimia dan produk limbah yang dapat merusak sel-sel sehat. Selain itu, green tea juga dapat membantu membersihkan beberapa kotoran yang menumpuk di jerawat.

reen tea mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi P. acnes dan mengurangi peradangan. Cara penggunaannya, green tea dapat langsung meminumnya atau  menggunakan ekstrak green tea di kulitnya.


5. Minyak Kelapa

Seperti cara menghilangkan jerawat lainnya, minyak kelapa mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri. Dengan sifat yang dimilikinya, minyak kelapa dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat, mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mempercepat penyembuhan luka terbuka pada jerawat.

Cara penggunaannya, Anda bisa langsung mengoleskannya pada area kulit yang berjerawat.

6. Cuka Apel

Banyak orang tidak menyangka bahwa cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami berikutnya adalah dengan cuka apel. Cuka apel sendiri dibuat dengan cara memfermentasi sari apel.

Seperti cuka lainnya, cuka apel dikenal karena kemampuannya melawan banyak jenis bakteri dan virus. Cuka apel mengandung beberapa asam organik yang telah terbukti membunuh P. acnes. 


7. Konsumsi Suplemen Minyak Ikan

Asam lemak omega-3 adalah lemak yang sangat sehat karena menawarkan banyak manfaat kesehatan. Minyak ikan mengandung dua jenis utama asam lemak omega-3: eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA).

EPA bermanfaat bagi kulit dalam beberapa cara, termasuk mengelola produksi minyak, mempertahankan kadar hidrasi dan mencegah jerawat. Tingginya kadar EPA dan DHA telah terbukti mengurangi faktor peradangan yang dapat mengurangi risiko jerawat

Anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi salmon, sarden, ikan teri, kenari, chia seeds, dan ground flaxseeds.


8. Mengurangi Asupan Susu

Meski hubungan antara susu dan jerawat masih kontroversial. Sebuah penelitian mengungkapkan, minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu dapat menyebabkan perubahan hormon dan menjadi penyebab jerawat.

Oleh karena itu, cara menghilangkan jerawat adalah dengan membatasi konsumsi susu. Meski begitu, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan klaim ini.

9. Mengurangi Stres

Cara menghilangkan jerawat dengan cara alami yang sering terlewatkan adalah dengan mengurangi tingkat stres. Perlu diketahui, hormon yang dilepaskan saat stres bisa meningkatkan produksi sebum, peradangan kulit, dan membuat kondisi jerawat lebih buruk.

Banyak penelitian telah mengaitkan stres dengan peningkatan keparahan jerawat. Terlebih lagi, stres dapat memperlambat penyembuhan luka hingga 40%, sehingga dapat memperlambat penyembuhan lesi jerawat.


10. Rutin Berolahraga

Cara menghilangkan jerawat yang satu ini mudah dilakukan, akan tetapi banyak orang sering melewatkannya, cara mengatasi jerawat tersebut adalah olahraga. Olahraga meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Peningkatan aliran darah membantu menyehatkan sel-sel kulit, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi jerawat.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi stres dan kecemasan, yang keduanya merupakan faktor yang dapat berkontribusi pada perkembangan jerawat.

Sementara itu Pakar kulit dan kelamin Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusomo atau RSCM, Dr dr Wresti Indriatmi, Sp.KK (K), M.Epid, mengatakan bahwa jerawat muncul karena pengaruh hormon. “Jadi makan banyak lemak nggak berpengaruh pada jerawat, yang berpengaruh adalah hormon,” katanya.

Pengaruh hormon ini akan muncul saat pubertas atau menginjak remaja. Masa pubertas akan ditandai dengan peningkatan hormon testosteron. Hormon ini akan memprouksi minyak lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Itulah yang akan menjadi penyebab munculnya jerawat.

Sumber : doktersehat.com / tempo.co
Komentar

Tampilkan

Terkini