Iklan

Pengabdian Masyarakat, FKM UMI Gelar Penyuluhan Bumil di Maros

GoSehat
, Senin, November 18, 2019 WIB
Gosehat.id -  Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) secara nasional, termasuk untuk wilayah Provinsi Sulawesi Selatan masih cukup tinggi. 

Kondisi tersebut menjadi salah satu indikator status kesehatan masyarakat. Masih tingginya AKB dan AKI antara lain dipengaruhi oleh kondisi kesehatan ibu saat hamil, seperti anemia, preeklampsia, dan berbagai komplikasi kehamilan. 
Kejadian anemia pada  kehamilan, bisa disebabkan karena pola konsumsi ibu hamil yang kurang memperhatikan variasi bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi. 

Padahal, bahan makanan lokal yang kaya akan zat besi, banyak tersedia dilingkungan mereka, Kelor sebagai salah satu jenis sayuran yang mengandung zat besi tinggi dan mudah tumbuh di sekitar tempat tinggal mereka.

Untuk mengedukasi masyarakat terutama ibu hamil, tim pengabdi masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia melakukan kegiatan pengabdian di Desa Pucak Kabupaten Maros.

Pemilihan lokasi didasarkan karena Desa Pucak merupakan salah satu desa binaan UMI. Tema pengabdian yang dibawakan oleh Sumiaty, SKM., M.Kes adalah pemanfaatan kelor sebagai bahan pangan lokal untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Kegiatan pengabdian ini dihadiri oleh Kasi Gizi Puskesmas Tompobulu, bidan desa, dan 23 ibu hamil. Selain edukasi tentang kandungan zat gizi yang ada pada kelor, Sumiaty dan tim juga mengajak ibu hamil untuk praktek mengolah daun kelor menjadi produk olahan selain sayur seperti puding, krupuk (peyek) dan bikandoang. 
"Ibu hamil sangat antusias mengikuti kegiatan edukasi ini, terutama pada tahap praktek pembuatan makanan olahan dari tepung daun kelor. Mereka secara bergantian mempraktekkan, bahkan mencicipi hasil praktek yang sudah matang" pangkas sumiaty, selasa (12/11/2019).

Sementara itu salah peserta mengatakan  sangat senang denga hadirnya penyuluhan dan praktek pembuatan makanan sebagai bahan makanan alternatif bumil.

"hasil olahan tepung daun kelor sangat enak dan menjadi alternatif bahan makanan berbahan dasar daun kelor. Selama ini, kami hanya tahu kalo daun kelor digunakan untuk bahan sayur bening," katanya.
Komentar

Tampilkan

Terkini